Minggu, 02 Juli 2017

Tips Sukses Membuka Usaha Penerbitan Buku



Tips Sukses Membuka Usaha Penerbitan Buku - Menulislah dengan senyum itu merupakan salah satu kiat sukses menjadi penulis kaya dan best seller. Kalau orang barat mengatakan bahwa menulis harus dengan emosi tanpa memperdulikan tata bahasa dan titik koma. Karena itu bagian terakhir yakni pengeditan. Ada banyak hobi yang disukai seseorang. Salah satunya hobi menulis. Ternyata dari hobi menulis bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar. Seperti Andrea Hirata, JK Rowling, Habiburahman El Shirazy dll.

Tips Sukses Membuka Usaha Penerbitan Buku

Salah seorang pria yang hobi menulis dan kaya raya dari hobinya tersebut adalah pria bernama Zulkhan Indra Putra. Ia mendirikan lembaga penerbitan bernama Inspira Book. Sebuah perusahaan profitable yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal ini merupakan berkat dan karunia dari Allah SWT atas jalan rejeki yang tak pernah diduga-duga. Inspira Book adalah perusahaan yang menerbitkan berbagai buku panduan atau how to. Salah satunya buku panduang kuliah di luar negeri yang laris manis.

Tips Sukses Membuka Usaha Penerbitan Buku
Sebelum tahun 2012, pria tampan ini menempuh pendidikan tinggi di luar negeri tepatnya India. Dan pada tahun 2012 ia datang ke Indonesia. Ia mengetahui bagaimana cara kualiah di luar negeri beserta suka dukanya. Seperti halnya yang pernah dialami oleh rekan penulis yang juga pernah kuliah di Mesir. Ia selalu menceritakan kisah perjalanan hidupnya. Sehingga setiap orang mempunyai novel sendiri yang bisa dijadikan sebuah buku. Termasuk anda dan saya.

Selepas kembali ke tanah air, sama seperti ketika kuliah di India ia pun banyak berkecimpung dalam dunia organisasi. Dan di Indonesia ia gabung dengan organisasi sosial dan bertugas mengajar secara sukarela. Hal itu ia lakukan dengan ikhlas tanpa imbalan sedikitpun. Hal itu membuat namanya semakin dikenal orang dan banyak relasi. Tak jarang orang yang mengenalnya penasaran bagaimana cara kuliah di luar negeri. Bosan atas pertanyaan itu, kemudian ia menuliskan buku cara panduan dapat kuliah di luar negeri atau buku panduan kuliah di luar negeri pada sebuah buku.
Ingin menambah bobot bukunya ia pun mengajak rekan-rekannya yang pernah kuliah di luarnegeri untuk menulis pengalaman mereka pada bukunya tersebut. Mereka ada yang pernah kuliah di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Perancis dll. Pada tahun 2015, akhirnya buku pertamanya terbit. Lalu ia memilih untuk menerbitkan buku sendiri karena masalah pemasaran bisa dilakukan secara online via medsos.
Bukan tanpa hambatan. Meski usaha penerbitan buku how to berjalan lancar. Namun seiring semakin banyak permintaan membuat ia kerepotan dalam mengirimkan pesanan hingga ke luar kota. Ada banyak komplain yang diterima dari pelanggan. Seperti pengiriman buku yang telat dan kadang buku yang diterima mengalami kerusakan. Hal itu terjadi biasanya pada pihak ekspedisi. Tapi ia merasa bertanggungjawab untuk mengurusi masalah tersebut.

Akhirnya dengan gagah berani, pria kalem ini mencoba memberi solusi atas semua ini dengan membentuk tim pelayanan pelanggan, bagian penjualan, bagian pengembangan produk, dan opersional serta administrasi.
Dalam periode satu tahun sudah 13 kali bukunya berjudul panduan kuliah di luar negeri dicetak ulang. Penghasilan lumayan besar ketimbang royalti dari penerbit luar. Ia bahagia. Dan bulan depan berencana untuk menerbitkan buku baru berjudul Kiat Mendapatkan Beasiswa,  Panduan menguasai bahasa ingrris, panduan menguasai toefl dan lain sebagainya. Semua buku yang ditulis tersebut berdasarkan pengalaman nyata. Bukan teori. Sehingga lebih mengena bagi kawula muda.

Niat positif berbuah positif. Itulah yang dirasakannya. Niat membantu masyarakat Indonesia mengenai cara kuliah di luar negeri pada sebuah buku menjadikan ia jadi pengusaha penerbitan buku yang sukses dan kaya raya. Penulis jadi terinspirasi untuk membuka usaha penerbitan buku serupa yang sistem penjualan secara online.

Penulis jadi terinspirasi untuk membuat tulisan  jadi sebuah buku yang dikemas menarik dan minimal untuk penulis. Yang jika bermanfaat dan bagus maka dipasarkan kepada masyarakat umum. Tapi yang membuat penulis terkendala adalah harus menulis artikel buat orang lain untuk membiayai kehidupan anak dan isteri tercinta. Tips Sukses Membuka Usaha Penerbitan Buku